Jumat, 23 Januari 2015

Tips Karir: Pentingnya Networking Dalam Dunia Kerja


Pentingnya Membangun Networking Dalam BerkarirMenghadapi era persaingan yang ketat dalam dunia kerja sekarang ini, memperluas jaringan  atau networking sebanyak-banyaknya ibarat sama pentingnya dengan menggapai ilmu setinggi-tingginya. Hal ini cukup berbanding lurus, dimana jika kita memiliki ilmu yang cukup tinggi namun tidak didukung dengan networking yang ada, maka ilmu yang kita miliki tersebut akan menjadi tidak berguna dan bermanfaat, terutama bagi banyak orang. Begitupun jika kita memiliki networking yang luas namun ilmu yang kita punya belum maksimal, maka networking yang banyak tersebut juga akan menjadi sia-sia.

Networking yang luas dapat mempermudah kita dalam karir dan pekerjaan –Meskipun ada beberapa bidang pekerjaan yang tidak mengharuskan untuk untuk berhubungan langsung dengan klien atau pihak luar, pada kenyataan menjalin networking di kalangan internal pun akan menentukan arah karir kita ke depannya. Hal ini dikarenakan perlunya rekomendasi dari lingkungan internal mengenai softskill dan kemampuan interpersonal kita –Yang pastinya juga harus didukung dengan prestasi kita dalam hal pekerjaan, dapat mengubah pandangan atasan maupun pihak manajemen untuk meningkatkan karir dan posisi dalam pekerjaan kita

Dalam menciptakan dan memperluas jaringan yang baik ada beberpa hal perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membangun jaringan.



Tips Seputar Membangun Networking yang Baik Dalam Berkarir:

1.   Jangan menutup diri
Layaknya dalam dunia pergaulan, kita harus memulainya dengan  membuka diri pada siapapun sehingga orang disekeliling kita dapat mengetahui bahwa kita adalah orang yang mudah bergaul dengan siapa saja. Imbasnya jika ada pekerjaan yang sekiranya menguntungkan kita, maka orang kita tidak akan sungkan menghubungi kita.

2.   Mengetahui trend terbaru
Mungkin sebagian dari Anda bukan termasuk orang yang up to date, namun dengan mengetahui hal terbaru atau berita terkini akan menjadi nilai plus Anda dalam bersosialisasi. Sebagai pembuka percakapan dengan lawan bicara, terkadang kita membutuhkan “bumbu” basa basi, yang bisa diambil dari berita terbaru yang sedang hangat diperbincangkan. Cukup dengan membaca headline di beberapa media, Anda akan lebih mudah mengikuti perkembangan dunia. Hal ini akan menjadikan Anda sebagai orang yang memiliki wawasan yang cukup luas. 

3.   Percaya diri
Saat bertemu dengan lawan bicara dalam jumlah yang banyak, diperlukan kepercayaan diri yang tinggi. Hindari sifat minder atau kurang percaya diri, karena rasa tidak percaya terhadap kemampuan kita sendiri, akan terlihat sehingga timbul rasa ketidakpercayaan orang lain, yang secara langsung akan merugikan karir Anda.  Jika kita nyaman dengan diri kita, orang lain-pun akan nyaman sharing segalanya dengan kita, termasuk dalam hal pekerjaan.


4.   Bergabung di Jejaring Sosial & Komunitas
Era digital saat ini, sangat memudahkan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah  bersosialisasi. Dengan masuk ke jejaring sosial, Anda dapat mendapatkan teman baru, atau juga dapat berhubungan kembali dengan teman-teman lama. Melalui pertemuan dengan teman-teman di jejaring sosial, kita dapat mempererat silahturahmi –Misalnya dengan  mengadakan pertemuan semacam reuni sehingga akan semakin membuka peluang kita untuk mengetahui info terbaru, baik yang berkaitan langsung dengan pekerjaan maupun tidak.


5.   Bergabung dengan komunitas tertentu
Jika kita memiliki hobi di bidang tertentu seperti olahraga, kita dapat bergabung dalam komunitas tersebut. Dari komunitas yang kita ikuti, akan menggiring kita bertemu dengan beberapa orang baru. Jika kita mempunyai hobi yang belum ada komunitasnya, kita bisa memulai untuk membuatnya dengan beberapa orang terdekat dan melakukan sharing melalui jejaring sosial yang Anda miliki.


6.   Membina hubungan terus menerus

Dari semua tips yang dijabarkan, yang terpenting adalah terus membina hubungan baik dengan kerabat. Karena semua usaha kita dalam membuka jaringan akan sia-sia jika kita tidak membina hubungan yang baik secara terus menerus. Hasil dari membuka jaringan yang luas tidak melulu didapat secara instant, hasilnya bisa kita dapatkan dalam jangka waktu panjang. Sehingga jika nantinya kita membutuhkan info terbaru, baik itu seputar pekerjaan maupun hal lain, akan ada banyak orang  yang akan membantu kita. 




0 komentar:

Posting Komentar